EVOLUSI DAN KINERJA KOMPUTER

Selasa, 06 November 2012 , Posted by Wahyudi at 01.12




Sejarah Singkat Komputer

ENIAC

ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer), yang dirancang dan dibuat di bawah pengawasan John Mauchly dan John Presper Eckert di Universitas  Pennsylvania, merupakan komputer digital elektronik untuk kebutuhan umum pertama di dunia. Mauchly mengusulkan membuat komputer untuk kebutuhan umum dengan menggunakan tabung vakum untuk digunakan bagi aplikasi BRL (Ballistics Research Laboratory / laboratorium riset peluru kendali angkatan darat).
Pada tahun 1943, proposal ini disetujui Angkatan Darat, dan pembuatan ENIAC dimulai. Mesin yang dihasilkan sangat besar, mempunyai berat 30 ton, bervolume 15.000 kaki persegi, dan berisi lebih dari 18.000 tabung vakum. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya 140.000 watt.

EDVAC (Von Neuman)

Pada tahun 1945 John Von Neuman mengeluarkan proposal komputer jenis baru yaitu EDVAC ( Electronic Discreate Variable Computer). Pada tahun 1946 , von neuman dan rekannya mulai melakukan rancangan stored-program komputer baru, dikenal sebagai komputer IAS, di Institut Studi Lanjutan Princeton. Walaupun tidak berhasil diselesaikan hingga 1952, komputer IAS merupakan protoripe bagi komputer kebutuhan umum selanjutnya.




Komputer IAS terdiri dari :
  1. Memori Utama, yang menyimpan baik data maupun instruksi-instruksi.
  2. Arithmetic-Logical Unit (ALU) yang memiliki kemampuan mengoperasikan data biner.
  3. Control Unit, yang melakukan interpretasi instruksi-instruksi di dalam memori dan menyebabkan instruksi ini dieksekusi.
  4. Peralatan Input dan Output (I/O) yang dioperasikan oleh Control Unit.





Pada perkembangan komputer IAS. Terdapat fungsi fungsi pada ALU (arithmatic and control unit)  seperti :
  1. Memory Buffer Register (MBR): berisi sebuah word yang akan disimpan di dalam memori atau digunakan untuk menerima word dari memori.
  2. Memory Address Register (MAR): Menentukan alamat word di memori untuk dituliskan dari MBR atau dibaca ke MBR.
  3. Instruction Register (IR): Berisi Instruksi 8-bit op code yang akan dieksekusi.
  4. Instruction Buffer Register (IBR): Digunakan untuk menyimpan sementara instruksi sebelah kanan word dalam memori.
  5. Program Counter (PC): Berisi Alamat Pasangan instruksi berikutnya yang akan diambil oleh memori.
  6. Accumulator (AC) dan Multiplier-Quotient (MQ): Digunakan untuk menyimpan sementara Operand dan hasil operasi ALU.

UNIVAC 1 dan UNIVAC 2

Tahun 1950-an (Universal Automatic Computer). Merupakan komputer komersial pertama yang diciptakan.

IBM 7094 tahun 1964

Pada IBM 7094 ditambahkan Instruction Backup Register (IBR)

EVOLUSI  PENTIUM DAN POWER PC

Intel Pentium

Intel dikategorikan sebagai pembuat microprocessor nomor satu dalam beberapa dekade. Evolusi processornya memberikan indikator baik bagi teknologi komputer secara umum. Evolusi produk-produk intel antara lain :
1.      8080. Microprocessor untuk kebutuhan umum pertama didunia. Processor ini merupakan mesin 8 bit, dengan lintasan data 8-bit ke memori.
2.      8086. Microprocessor yang jauh lebih handal, yaitu mesin 16 bit. Selain lintasan data yang lebih lebar dan register-register yang lebih besar, 8086 memiliki cache instruksi, atau antrean, yang akan melakukan pengambilan awal instruksi sebelum dieksekusi.
3.      80286. Processor ini merupakan pengembangan dari 80286 yang dapat melakukan peng-alamatan memori sampai 16 MB, tidak hanya 1MB lagi.
4.      80386. Mesin 32-bit Intel yang pertama, serta perombakan utama terhadap produk dengan arsitektur 32 bit. 80386 menyaingi kompleksitas dan daya minikomputer dan mainframe yang diperkenalkan baru saja beberapa tahun sebelumnya.
5.      80486. memperkenalkan penggunaan teknologi cache yang jauh lebih canggih, handal dan pipelining instruksi yang canggih.
6.      Pentium.  Memperkenalkan penggunaan teknik-teknik superscalar yang memungkinkan sejumlah instruksi diproses secara paralel.
7.      Intel Dual Core
8.      Intel Core 2 Duo, Quad Core
9.      Intel i3, i5, i7.

IBM Power PC

Pada tahun 1975, proyek mini 801 IBM mengawali banyak konsep arsitektur yang digunakan didalam sistem RISC. Namun 801 hanya merupakan prototype yang digunakan untuk mendemonstrasikan konsep desain.

TUGAS Individu.

  • Cari Artikel tentang Intel i3 atau i5 atau i6 (PC maupun Server)
  • Print di kertas A4. pada sampul sertakan ( mata kuliah, logo STMIK, NIM, Nama Mahasiswa.
  • Dikumpulkan tanggal 17 Oktober 2012.
  • Nilai tugas ditentukan oleh kelengkapan artikel.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Poskan Komentar